Profile profile of faculty

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

 

SEJARAH SINGKAT FKIP UNIVERSITAS SUBANG

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Subang mulai dirintis pada tahun 2007 pembukaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ini didasarkan pada kebutuhan masyarakat akan beberapa program studi, yakni Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Jasmani Kesehatan Rekreasi. Kebutuhan tenaga guru khususnya di Kabupaten Subang untuk tiga Prodi tersebut selalu tersedia dari tahun ke tahun, hal tersebut dikarenakan adanya guru yang pensiun dan menurunnya jumlah siswa akibat diberlakukannya wajib belajar 12 tahun di masyarakat Indonesia.

Pada awal perintisannya, FKIP Universitas Subang dikelola oleh tim pengelola yang ditunjuk oleh Yayasan Kutawaringin sebagai berikut.

Dekan                                                    : Dr. H. Ma’murSutisna WD, M.MPd.

Wakil Dekan                                          : Drs. H. Soetedjo, M.Si (Alm)

Ka Prodi Pendidikan Matematika         : Dr. H. Heryana, M.Pd.

Staf Prodi Pendidikan Matematika       : MilawatyMuliasari, S.Pd.

Ka Prodi Pendidikan Bahasa Inggris    : Drs. H.E Kusnandar, M.Pd.

Staf Pendidikan Bahasa Inggris            : Nita Delima, S.Si, M.Pd.

Ka Prodi PJKR                                      : Gita Puspa Gandhari, S.Pd, M.MPd

Tim tersebut bertugas untuk membuat studi kelayakan serta sosialisasi tentang ketiga prodi yang ad di FKIP Universitas Subang. Pada tahun 2010 lahirlah program studi Pendidikan Matematika jenjang Strata-1 dengan SK ijin operasional 90/D/O/2010 tanggal 9 Juli 2010 yang dikeluarkan oleh Direktur Jendral Pendidikan Tinggi. Pada bulan September 2010 mulai di buka pendaftaran mahasiswa baru untuk program studi tersebut, dengan Ketua Program Studi waktu itu adalah Dr. H. Heryana, M.Pd. Program Studi Pendidikan Matematika mengajukan akreditasi pada BAN-PT pada tahun 2014 dan pada bulan Juni 2014 program studi Pendidikan Matematika telah resmi terakreditasi oleh BAN-PT dengan Nomor SK Akreditasi: 176/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2014. Saat ini program studi Pendidikan Matematika tengah mempersiapkan diri untuk re akreditasi agar meraih predikat akreditasi yang lebih baik dari sebelumhya.

Pada tahun 2014, Direktur Jendral Pendidikan Tinggi kembali mengeluarkan ijin operasional untuk program studi Bahasa Inggris dan Pendidikan Jasmani Kesehatn dan Rekreasi (PJKR). Adapun Nomor Ijin Operasional Pendidikan Bahasa Inggris adalah 111/P/2014, program studi Bahasa Inggris mengajukan reakreditasi ke BAN-PT tahun ini agar memperoleh predikat akreditasi yang lebih baik lagi. Sementara itu SK Ijin Operasional Program Studi Pendidikan JasmaniKesehatn dan Rekreasi (PJKR) adalah 107/P/2014. Pada tahun 2017 ini, di bawah pimpinan KaprodiDeniMudian, M.Pd. telah berhasil meraih predikat akreditasi B dan BAN-PT dengan SK Akreditasi Nomor 1116/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2017.

FKIP merupakan Fakultas yang memiliki tiga Program Studi, yakni Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Jasmani Kesehatan Rekreasi. Ketiga program studi tersebut memliki keunggulan-keunggulan diantaranya: untuk program studi PJKR setiap lulusannya akan dibekali oleh keterampilan dalam pengelolaan outbond. Sementara itu, pada program studi Pendidikan Matematika mahasiswa dibekali keterampilan dalam pemanfaatan media pembelajaran matematika. Pada program studi pendidikan bahasa inggris, mahasiswa dibekali keterampilan dalam penguasaan conversation dengannative speaker. Selain itu, Universitas Subang memberikan keterampilan dalam penguasaan TOEFL dan kewirausahaan, sehingga setiap lulusannya siap untuk menghadapi era Globalisasi juga memeliki jiwa Enterpreneur.

 

 

 

 

 

 

 

STRUKTUR ORGANISASI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS SUBANG

 

DEKAN FKIP                                                         : Dr. H. MA'MUR SUTISWA WD,M.MPd

WAKIL DEKAN                                                     : NITA DELIMA,S.SI.,M.Pd

KASUBAG AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN           : IKIN SHADIKIN PURNAMA, A.Md

BAGIAN KEUANGAN                                             : MARIAM AR-RAHMAH,M.Pd

                                                                          IDA NOODIANI,S.AN

BAGIAN KEMAHASISWAAN                                    : IYAN NURDIYAN HARIS,M.Pd

BAGIAN UMUM                                                    : EENG SUHENDRA

PELAKSANA                                                        : SATYA APRIYADI

 KETUA PRODI PJKR                                             : DENI MUDIAN, M.Pd

SEKERTARIS PRODI PJKR                                      : R.DADAN PRA RUSIDANA,S.Si

 KETUA PRODI PENDIDKAN MATEMATIKA               : SUMPENA ROHENDI, M.Pd

SEKERTARIS PRODI PEND. MATEMATIKA                : -

 KETUA PRODI PEND. BAHASA INGGRIS                 : SUNARA,S.S, M.Pd

SEKERTARIS PRODI PEND. BAHASA INGGRIS          : DODY WAHYUDI P,S.Pd.,M.Pd

 

 

 

Why must FKIP...?

FKIP merupakan Fakultas yang memiliki tiga Program Studi, yakni Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Jasmani Kesehatan Rekreasi. Ketiga program studi tersebut memliki keunggulan-keunggulan diantaranya: untuk program studi PJKR setiap lulusannya akan dibekali oleh keterampilan dalam pengelolaan outbond. Sementara itu, pada program studi Pendidikan Matematika mahasiswa dibekali keterampilan dalam pemanfaatan media pembelajaran matematika. Pada program studi pendidikan bahasa inggris, mahasiswa dibekali keterampilan dalam penguasaan conversation dengan native speaker.

Our Advantages

  • Fasilitas Lengkap Ruang Kelas Representatif dan Nyaman. Terdapat lapangan basket, Lab. Bahasa, Lab. Komputer, Akses internet gratis, Mesjid luas, Kantin Bersih.
  • Biaya kuliah terjangkau dengan kualitas terjamin.
  • Terdapat program kunjungan tahunan dalam rangka peningkatan kualitas mahasiswa untuk masing-masing Program Studi, seperti:
    • Bimbingan Teknis Ke PPPTK Matematika Yogyakarta Untuk Prodi Pendidikan Matematika.
    • Outbond dan Bimbingan Teknis Lapangan Untuk Prodi PJKR.
    • Speaking Exercise deengan turis asing dikawasan wisata untuk Prodi Pendidikan Bahasa Inggris.
  • Terdapat Program Pelatihan TOEFL dan Kewirausahaan.
  • Dosen Pengampu merupakan lulusan S2 (Magister) dan S3 (Doktor) dari Universitas terkemuka seperti: UPI, UNPAD, UNJ, UNY.
  • Terdapat Beasiswa bagi Mahasiswa berprestasi atau kurang mampu.